KURIKULUM
Di SMP Negeri 1 Krembung, Kecamatan Krembung,Kabupaten Sidoarjo menggunakan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Kurikulum 2013 . Tim penyusun terdiri atas unsur Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, kepentingan peserta didik, dan lingkungannya.
- Beragam dan terpadu.
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.
- Relevan dengan kebutuhan hidup.
- Menyeluruh dan berkesinambungan.
- Belajar sepanjang hayat.
- Seimbang antara kepentinagn nasional dan daerah.
Pelaksanaan kurikulum SMP Negeri 1 Krembung didasarkan pada potensi perkembangannya dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
- Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
- Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ketuhanan, keindividuan, sosial, dan moral.
- Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat dengan prinsip tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sung tuladha (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan).
- Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media, sumber belajar dan teknologi yang memadai, memanfaatkan lingkungan sekitar serta lingkungan alam dijadikan sumber belajar contoh dan teladan.
- Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
- Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kopetensi mata pelajaran, muatan lakol dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.
Pada akhirnya kurikulum tidak akan berhasil secara optimal apabila tanpa didukung oleh semua pihak, baik dimensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada. Semoga kurikulum ini dapat menjadi pedoman bagi Guru dan PTK serta penyelenggara pendidikan dan pengajaran di sekolah Menengah Pertama terutama di SMP Negeri 1 Krembung, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo sehingga memperoleh hasil yang optimal.